.: KEANEKARAGAMAN HAYATI

Kegiatan Belajar 1 | Kegiatan Belajar 2 | Kegiatan Belajar 3 | Home


PENDAHULUAN

Selamat, Anda telah menyelesaikan modul mengenai “Ruang Lingkup Biologi”, dan modul selanjutnya yang akan Anda pelajari berjudul “Keanekaragaman Hayati“. Setelah mempelajari modul ini anda diharapkan dapat merumuskan konsep keanekaragaman hayati, mengidentifikasi keanekaragaman di Indonesia, mengklasifikasikan keanekaragaman hayati dan menjaga pelestariannya serta cara pemberian nama ilmiah makhluk hidup.

Modul ini terdiri dari 3 kegiatan:
1. Kegiatan 1 : Konsep keanekaragaman hayati
2. Kegiatan 2 : Keanekaragaman hayati di Indonesia
3. Kegiatan 3 : Klasifikasi keanekaragaman hayati

Setiap kegiatan disusun berurutan, maka sebelum mempelajari modul sebaiknya Anda mengikuti petunjuk-petunjuk berikut ini.

1. Waktu untuk mempelajari modul ini adalah 13 jam pelajaran, termasuk tes akhir modul.
2. Bacalah uraian materi modul secara bertahap dan cermat. Bila ada bagian materi yang belum paham anda dapat mengulang membacanya.
3. Pada setiap akhir penggalan materi terdapat latihan yang harus Anda kerjakan. Diskusikan bersama kelompok belajar Anda, atau guru bina Anda di sekolah bila ada kesulitan-kesulitan.
4. Kerjakan latihan pada akhir setiap penggalan materi, dan kerjakan tugas mandiri yang ada pada setiap akhir kegiatan.
5. Pada akhir kegiatan ada pengamatan keanekaragaman hayati. Bawalah alat-alat dan bahan pengamatan, seperti macam-macam biji kacang, penggaris, buku catatan praktek dan lain-lain (lihat gambar tugas). Kegiatan pengamatan keanekaragaman hayati tersebut dapat dilakukan di laboratorium sekolah.
6. Jangan lupa Anda meminta tes akhir modul kepada guru bina, lalu Anda kerjakan sendiri untuk mengukur kemampuan Anda.

Bila Anda selesai mempelajari modul ini, maka dengan pengetahuan yang Anda pahami diharapkan Anda memperoleh banyak manfaat dalam kegiatan anda sehari-hari. Misalnya Anda akan mudah mengenali makhluk-makhluk di sekitar Anda, baik tumbuhan maupun hewan berdasarkan ciri-ciri atau sifat-sifat yang terlihat.

Selanjutnya materi yang terdapat di dalam modul ini akan berkaitan erat dengan materi pada modul-modul berikutnya. Untuk itu, kesungguhan Anda dalam mempelajari modul ini akan menentukan keberhasilan Anda.

Selamat belajar dan semoga berhasil.


Kegiatan Belajar 1 | Kegiatan Belajar 2 | Kegiatan Belajar 3 | Home

PUSTEKKOM@2005