.: KEGIATAN BELAJAR 2

GANGGANG HIJAU BIRU

>>Pada akhir kegiatan, diharapkan Anda dapat :
  1.
2.
3.

Menunjukkan ciri-ciri, struktur dan reproduksi
Menjelaskan jenis-jenis ganggang hijau biru
Menerangkan informasi dan memberi contoh ganggang hijau biru yang bermanfaat

Ciri-ciri Ganggang Hijau Biru | Jenis-jenis Ganggang Hijau Biru | Manfaat Ganggang Hijau Biru | LKS-2 | Tugas-2
KEGIATAN BELAJAR 1
| Home


2. Jenis-jenis Ganggang Hijau Biru

a.
Ganggang hijau biru bersel satu
Contoh ganggang hijau biru bersel satu adalah Chroococcus dan Gloeocapsa.
1)
Chroococcus
Ganggang ini biasanya hidup di dasar kolam yang tenang, tembok yang basah atau cadas. Biasanya sel-sel yang muda tetap bersatu karena ada selubung yang mengikatnya. Pembiakan berlangsung secara vegetatif, dengan membelah diri. Setelah pembelahan, sel-sel tetap bergandengan sehingga membentuk koloni.

Gambar 17. Chroococcus
2)




3)
Gloeocapsa
Ganggang ini hidup pada batu-batuan dan kadang-kadang dijumpai endofit (di dalam tubuh makhluk hidup), atau epifit pada tumbuhan lain. Koloni berbentuk benang yang dapat putus menjadi hormogonium. Hormogonium dapat tumbuh menjadi koloni baru. Ganggang ini mempunyai spora.
Spirullina: mengandung kadar protein tinggi.
b.



c.
Ganggang hijau biru berkoloni (berkelompok)
Contoh ganggang biru berkoloni adalah Polycitis dan Spirullina Polycitis: bentuk seperti bola, hidup di kolam yang tenang dan jernih. Pembiakan dengan cara fragmentasi dari koloni.
Ganggang hijau biru berupa benang (filamen)
Contoh ganggang hijau biru berupa benang adalah Oscillatoria, Nostoc comune, Anabaena dan Rivularia.
1)


2)



3)



4)
Oscillatoria: ganggang ini berupa benang tebal terdiri dari sel pipih, pembiakan membelah diri dan fragmentasi atau potongan benang yang terpisah timbul menjadi benang baru yang disebut hormogonium.
Nostoc comune: ganggang berupa trikoma terdiri dari sel bentuk bola, memiliki selubung dan mempunyai sel yang tidak efektif disebut akinet dan setelah selesai masa dorma bisa tumbuh menjadi trikoma baru. Banyak ditemukan di tanah alkalis dan batuan yang lembab, misal di sawah.
Anabaena: ganggang berupa trikoma diliputi oleh selaput lendir, bila telah dewasa mempunyai heterokista dan akinet. Hidup sebagai plankton di perairan, ada juga yang bersimbiosis pada tumbuhan seperti ujung akar pakis haji dan paku air atau Azolla pinata.
Rivularia: ganggang bentuk bola dengan selaput lendir dan ujungnya ada trikoma meruncing. Hidup menempel pada tanaman air dan batuan yang lembab.

Baiklah Anda telah mempelajari ciri-ciri alga biru (ganggang hijau biru) serta tempat hidupnya. Sekarang ulangi lagi untuk mempelajari agar lebih memahaminya.

Sekarang jawablah pertanyaan di bawah ini.
1)

2)

3)
Ganggang hijau biru dan bakteri dimasukkan ke dalam monera. Mengapa demikian?
Sebutkan beberapa cara perkembangbiakan alga (ganggang hijau biru)! Jelaskan dan berikan contoh!
Jelaskan mengapa beberapa ganggang hijau biru dapat menyuburkan tanah!

Setelah menjawab pertanyaan di atas, cocokkanlah jawaban Anda dengan materi pelajaran tentang ciri-ciri ganggang biru. Apabila telah sesuai, artinya Anda telah memahami materi pelajaran tersebut dan Anda pun dapat melanjutkan/mengerjakan tugas berikutnya. Selamat bekerja.


Ciri-ciri Ganggang Hijau Biru | Jenis-jenis Ganggang Hijau Biru | Manfaat Ganggang Hijau Biru | LKS-2 | Tugas-2
KEGIATAN BELAJAR 1
| Home
PUSTEKKOM@2005